Pulau Tidung sebagai bagian dari daerah Kepulauan Seribu yang berada di Jakarta memiliki sejarahnya tersendiri. Sebelum berencana memilih paket tour ke Pulau Tidung, sebaiknya Anda mengetahui sejarahnya. Cerita ini bermula pada tahun 1800.an Pulau Tidung waktu itu sudah dihuni oleh penduduk yang jumlahnya belum banyak. Terdiri dari dua pulau yaitu Pulau Tidung besar dan kecil menurut cerita pulau yang pertama kali dihuni adalah Pulau Tidung kecil. Tetapi seiring berjalannya waktu ternyata penduduk yang tinggal disitu semakin banyak, karenanya para penduduk pindah ke Pulau Tidung Besar.

Jembatan cinta

Ternyata juga didalam pulau tersebut penduduknya berasal dari berbagai suku diantaranya adalah Kalimantan Timur, Sumatera, Kalimantan Barat, Bugis, Sumbawa, Mandar, Banten dan juga dari Batavia. Luas wilayah Pulau Tidung besar sendiri mencapai +54 Ha dan yang kecil mencapai +18 Ha. Kini Pulau Tidung kecil tidak lagi berpenghuni dan sejak tahun 2009 Pulau Tidung mulai dikunjungi para wisatawan.

Kedatangan wisatawan tersebut tentu menambah penghasilan bagi penduduk setempat. Sambutan baik juga tidak datang dari warga setempat saja, tetapi pemerintahan Kepulauan Seribupun turut menyambut.

Ini dibuktikan dari dibangunnya jembatan untuk menghubungkan Pulau Tidung yang Besar dengan yang kecil. Sehingga siapapun yang ingin mengunjunginya hanya perlu menyeberang menggunakan jembatan yang diberi nama Jembatan Cinta.

Itulah sekilas tentang sejarah Pulau Tidung hingga bisa dikenal menjadi objek wisata. Kini pulau yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat karena keindahan alamnya juga menawarkan paket tour ke Pulau Tidung. Paket yang dihadirkan merupakan usaha dari penduduk setempat juga. Paket tour yang bisa Anda dapatkan yaitu meliputi jalan-jalan berkeliling pulau, snorkeling, diving, banana boat serta jika berencana untuk menginap. Anda bisa mencari penginapan terdekat dan yang nyaman.

Paket tour ke Pulau Tidung bisa digunakan saat Anda berlibur baik bersama kekasih, teman-teman, keluarga dan sanak saudara. Berbagai macam jenis paket ditawarkan disana. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan, yang jelas Anda tidak akan pernah rugi jika berwisata ke Pulau Tidung.